Sport, Tips & Trick

Tips Olahraga Ringan Sebelum Berangkat Kantor

Setiap orang membutuhkan kegiatan berolahraga meski jadwal hariannya begitu padat. Manfaat-manfaat yang bisa didapatkan saat berolahraga membuat tubuh lebih segar untuk beraktivitas kembali.

Sayangnya, beberapa orang begitu sulit menemukan waktu yang tepat untuk berolahraga. Mereka terus dikejar waktu untuk bekerja, sehingga kegiatan olahraga semakin sulit.

Berikut beberapa ide olahraga pagi yang dapat Anda lakukan sebelum berangkat kerja seperti dikutip dari laman Huffington Post.

Kabar baiknya lagi, semua rangkaian olahraga yang dilakukan ini hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja.

Saat Masih di Kamar Tidur

Anda tidak harus meninggalkan kamar tidur untuk melakukan olahraga yang akan memperkuat cardio dan tubuh Anda. Brynn Putnam, seorang pelatih pribadi dan pendiri studio latihan Refine Method, mengatakan bahwa tempat tidur yang lebih tinggi dari lantai menambah tantangan ekstra untuk olahraga pagi.

Putnam menyarankan Anda melakukan lima latihan ini selama 60 detik dan dilakukan berurutan sebanyak tiga kali.

– Single-leg sit to stand: Duduk di pinggir tempat tidur dengan kaki kanan direntangkan ke depan, sementara kaki kiri tetap dalam posisi tertekuk. Dengan posisi tersebut, angkat tubuh hingga posisi berdiri dengan satu kaki. Setelah itu kembali ke posisi duduk. Ganti dengan kaki kiri dan ulangi gerakan tadi.

– Elevated push-ups: Ini adalah variasi push-ups yang relatif simple. Berbaring dengan perut menghadap bawah. Taruh kedua tangan di tempat tidur dan posisi badan lurus dengan kaki di lantai. Turunkan badan dan kemudian angkat tapi masih dalam posisi lurus.

– Step-ups: Berdiri di sisi tempat tidur dan naikkan kaki kanan ke tempat tidur hingga membentuk sudut 45 derajat. Setelah itu angkat kaki kiri hingga hampir sejajar dengan kaki kanan yang berfungsi sebagai tumpuan. Kemudian turun dengan kaki kiri secara perlahan. Sekarang ganti dengan kaki kanan dan ulangi gerakan tadi.

– Plank to side plank: Posisikan badan lurus menyamping dengan bertumpu pada siku dan lengan kanan. Tahan bagian perut dan angkat lengan kiri sambil menjaga posisi pinggul lurus dengan bahu. Tahan posisi tersebut selama 30 detik, kemudian ulangi dengan sisi kiri.

– Double-leg hip lift: Berbaring telentang dengan lutut ditekuk dan kaki di atas tempat tidur terbuka selebar pinggul. Angkat pinggul Anda ke atas, jaga bahu tetap di tempat tidur dan kedua lengan di bawah pinggul. Angkat setinggi-tingginya hingga Anda merasa otot besar bekerja tanpa bantuan dari punggung bawah. Turunkan perlahan dan ulangi.

Luar Ruangan

Untuk latihan ini, Beth Weinstein, seorang mantan pelari jarak jauh dan pendiri merek alat olahraga lari OnlyAtoms, terinspirasi oleh bahasa Swedia.

“Salah satu latihan yang paling efektif dan cepat yang dapat Anda lakukan dalam waktu 15 menit adalah ‘fartlek,’ kata Swedia yang berarti ‘permainan cepat’,” kata Weinstein.

Fartlek melibatkan campuran berlari dengan jogging pada interval yang berbeda-beda. Meskipun tidak perlu melakukan persiapan sebelum latihan, Weinstein merekomendasikan melakukan peregangan setelahnya. “Untuk menghemat waktu, peregangan bisa dilakukan di kamar mandi,” Weinstein menyarankan. “Otot-otot Anda akan lebih hangat!”

Mulai dengan pemanasan dan jogging antara 4-5 menit. Setelah itu lari dengan kecepatan berbeda, mulai lambat hingga kecepatan penuh, selama 8 menit. Lakukan pendinginan dengan melakukan jogging pelan selama tiga menit.

Itulah beberapa aktivitas olahraga ringan yang bisa dilakukan sebelum Anda berangkat kerja. Mau mencoba?

About the author

Relative Posts

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.