Best Reviews

Ricoh Theta S; Membuat gambar 360 Menjadi Lebih Mudah

Theta S adalah generasi ketiga dari kamera 360 keluaran Ricoh. Pertama dikenalkan pada ajang IFA 2015, dan semenjak itu permintaan akan kamera 360 ini terus melonjak. Bahkan kabarnya, pabrikan Ricoh sempat kewalahan untuk memenuhi permintaan yang begitu tinggi.

Membludaknya permintaan tak lepas dari faktor harga, Theta S di dalam negeri dilego hanya Rp 4 juta-an. Dengan fitur yang lengkap, jelas harga tersebut menggiurkan.Theta S dilengkapi oleh dua kamera pada tubuhnya, masing-masing kamera memiliki dua sensor yang menunjuk arah berlawanan untuk menangkap image maupun video 360 derajat.

Dengan tampilan mirip kamera flip yang sempat booming beberapa tahun lalu. Bentuknya seperti coklat batangan sehingga ketika dipegang terasa sedang menggengam ponsel pintar. Bedanya, tidak ada layar lcd.

Theta menawarkan foto 360 derajat hanya dengan sekali tekan. Produsen Ricoh menggunakan istilah “bola” untuk foto 360 derajat. Sebagai salah satu kamera 360 derajat yang pertama keluar, Theta S bisa menghasilkan gambar diam dan video sampai 30 fps.Sangat penting diketahui, untuk mengfungsikannya pengguna perlu ponsel pintar atau tablet.

Tanpa jendela bidik karena jika bicara foto 360 derajat tidak dikenal istilah framing seperti pada fotografi umumnya. Untuk mendapatkan foto atau video bagus, penempatan adalah kunci utamanya.

Kualitas gambar yang cukup luar biasa dibanding hasil dari ponsel pintar kelas menengah. Ia menangkap warna dalam cara yang sangat dinamis dan layak dengan ukuran pixel lebih besar di setiap framenya.

Theta S menyediakan konektivitas untuk iOS, Android serta PC sehingga menjadi lebih mudah untuk mentransfer gambar dan video untuk mengedit lebih lanjut.

Theta apps memungkinkan pengguna untuk membuat keajaban dari pencitraan “bola” dengan fitur zooming. Versi dsktop lebih sederhana yang hanya memungkin pengguna untuk melihat dan berbagi data tanpa fitur editing. Sedangkan aplikasi ketiga yang dikenal sebagai Theta + Video mampu untuk mengedit pada perangkat iOS.

Kelebihan
Ricoh Theta S mampu menangkap dan menciptakan foto dan video 360 derajat hanya dengan sekali tekan. Menggunakan aplikasi tersendiri yang dipasang di ponsel pintar memungkinkan pengguna untuk mengontrol kamera, mengedit dan berbagi foto dan video. Penambahan fitur self timer membuat aktifitas selfies akan menjadi lebih baik.

Kekurangan
Fitur edit mengkorbankan kualitas foto dan video. Aplikasi merekam dan mengedit foto yang terpisah membuat kesulitan penggunannya. Pengguna perlu meng upload ke situs Ricoh sebelum berbagi ke situs lain menjadikan pengguna perlu usaha lebih. Desain dua kamera kembar mengharuskan pengguna berhati-hati bagaimana harus menyimpan kamera.

Fitur Kunci
– 2 x 1/2.3-inch CMOS with 12 megapixels
– Dual f/2.0 lenses
– 360-degree photos at 5,376 x 2,688
– 360-degree video recording in MP4 format
– Wi-Fi connectivity
– Manufacturer: Ricoh

About the author

Relative Posts

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.