Fashion

Pesona Batik Minang

Roll123.com – Kerajinan batik dari Indonesia sendiri sudah ada pada setiap provinsi yang ada, mulai dari Lampung hingga Papua. Untuk motif pembuatanya pun tentunya terinspirasi dari budaya mereka setempat.

Kawasan Sumatera Barat pun sudah mulai mengembagkan batik yang dipelopori oleh Istri Gubernur Sumatera Barat, Nevi Zuairina. Ia mengatakan bahwa masyarakat Sumatera Barat kini sudah mulai meminati motif batik Khas Sumatera Barat.

Nevi Zuairina mengatakan ingin mendorong pengembangan batik dan juga membawa ilmu-ilmu baru dari segi pemilihan jenis bahan, pengaplikasian motif di atas busana, hingga pemilihan warna.

Di Minang sendiri sudah memiliki 11 motif yang sudah dikembangkan di sana.

Pertama, motif tantadu manyasok bungo jo buah nibuang (ulat tantadu mengisp bunga dengan buah nibuang). Filosofinya kemakmuran dan keindahan dalam kehidupan.

Kedua, paruah enggang (Paruh Enggang) yang kokoh, indah, dan anggun. Ketiga sikambang manih (bunga yang indah). Motif ini dikiaskan pada anak perempuan berumur 15 tahun ke atas yang belum berkeluarga seperti bunga yang sedang kembang. Desainer Nina Nugroho dan Ratu Sovia menggunakan batik motif sikambang manih pada busananya.

Empat, kaluak pakukacang balimbing. Motif ini mengandung makna filosofi tanggung jawab seorang laki-laki di Minangkabau. Desainer Jeny Tjahyawati mengangkat motif batik kaluak.

Kelima, motif bungo duo tangkai jo buah pinang-pinang. Motif ini mengangkat dua ciptaan Allah yang berpasangan, seiring dan sejalan. Desainer Novi Padusi, Tuty Adib, dan Savitri mengangkat motif ini.

Enam, motif daun bodi, melambangkan akhlak dan budi pekerti. Desainer Oki Setiana Dewi, Merry Pramono, Erin Ugaru, dan Yus Oktavia mengangkatnya.

batik-minang

Tujuh, motif daun puluik-puluik, bermakna kesuburan, pendirian yang kuat, hidup subur, indah, dan makmur. Lia Afif, sang desainer, mendesain busana dari batik ini.

Delapan, sirih gadang. Diilhami dari bentuk daun sirih, baik yang bertangkai, maupun yang disusun di carano. Lia Soraya mendesainnya menjadi busana cantik.

Sembilan, motif bada mudiak (ikan beriringan ke hulu). Terinspirasi dari ikan yang beriringan ke hulu, searah, tiada yang mendului. Sepuluh, motif ukir pucuak rabuang. Motif ini biasa digunakan sebagai ukiran rumah gadang. Sebelas, motif buah palo bapatuh, mengandung makna cita-cita luhur.

 

Recommended Article :

  1. Keindahan Wisata Belitung Yang Memikat
  2. 5 Makanan Khas Lombok Yang Harus Dicoba Traveller
  3. Begini Wanita Korea Selatan Jaga Kecantikan
  4. Tips Wisata Murah Ala Backpacker

About the author

Relative Posts

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.